Beranda > PTIK > E-commerce

E-commerce

  • DEFINISI E-commerce

    Adalah segala bentuk transaksi perdagangan/perniagaan barang

    atau jasa secara elektronik dengan memanfaatkan

    jaringan komputer, salah satunya adalah Internet.

  • KEKURANGAN PASAR TRADISIONAL

  1. Time

Membutuhkan waktu yang lama dalam melakukan yg

Transaksi.

2.
Distance

Jarak menjadi masalah untuk pencarian produk.

3. Market Exposure

Jaringan pasar yang terbatas

4. Technology Development

Perkembangan teknologi yang menuntut cara

penjualan produk yang lebih modern.

  • TUJUAN
    • Orang yang ingin membeli barang atau transaksi lewat internet hanya membutuhkan akses internet dan interfacenya menggunakan web browser
    • Membangun konsep pasar bukan sekedar tempat jual beli dan sebagai pusat informasi
    • Pengelolaan yang berorientasi pada pelayanan, kombinasi konsepsi pelayanan konvensional dan virtual : Responsif(respon yang cepat dan ramah), Dinamis, Informatif dan komunikatif
  • JENIS
    • Businesstoconsumer (B2C)

      Pelanggan berhubungan langsung dengan berhubungan langsung dengan produsen/pabrik, menghindari perantara.

      Manfaat :

  1. Kenyamanan.
  2. Banyak barang dan jasa yang lebih murah ketika dibeli lewat Web.
  3. Berbelanja dengan membandingkan harga/kualitas.
  4. Disintermediasi : Penghapusan organisasi perantara antara produsen dengan konsumen.
  • Businesstobusiness (B2B)

    Pesertanya terdiri dari produsenprodusen.

    Manfaat :

  1. Memungkinkan produsen untuk membeli bahan dengan biaya rendah.
  2. Perusahaan dapat menjual ke pasar global.
  3. Menawarkan keuntungan yang besar untuk negaranegara berkembang.

    Misalnya : Alibaba, Manta, IndiaMart

  • Consumertoconsumer (C2C)

    Pesertanya adalah individu, dengan satu pihak sebagai pembeli dan pihak lainnya sebagai penjual.

    Manfaat :

  1. Sering dilakukan melalui situs lelang web seperti : EBAY.
  2. Untuk menginklankan dan menjual barangbarang pribadi.

    Contoh Gambar EBAY :


  • Consumer-to-Business (C2B)

    Manfaat :

  1. Konsumen memberitahukan barang/layanan yang di butuhkannya.
  2. Organisasi-organisasi bersaing untuk menyediakan barang/layanan tersebut kepada knsumen.
  • Collaborative Commerce (C-commerce)

    Manfaat :

    Kerja sama secara elektronik antara rekan bisnis yang berada pada jalur penyediaan barang.

  • Mobile Commerce (M-commerce)

    Manfaat :

    Menggunakan telepon seluler untuk akses internet.

  • MODEL PROSES DALAM E-commerce
  1. Pencarian dan identifikasi
  2. Seleksi dan negosiasi
  3. Pembayaran produk dan jasa secara elektronik
  4. Produk dan jasa pengiriman
  5. Layanan aftersales

Gamber Model Proses Dalam E-commerce (B2B dan B2C)


  • TANTANGAN
  1. Mendefinisikan model ecommerce yang efektif dan strategis.
  2. Perlu mengubah sistem distribusi dan proses kerja.
  3. Mengintegrasikan pemrosesan order berbasis web dengan sistem tradisional.
  • E-commerce SOFTWARE
  1. Catalog management

    Adalah kepemimpinan dalam suatu organisasi yang bertanggung jawab atas terselenggaranya hubungan yang efektif dalam mencapai tujuan organisasi.

  2. Product configuration

    Adalah untuk mempermudah konsumen dalam menentukan konfigurasi produk yang diinginkan.

  3. Shopping cart facilities
  4. Ecommerce transaction processing

    Adalah menghubungkan partisipan dalam ekonomi ecommerce dan memungkinkan komunikasi antara mitra dagang.

  5. Web traffic data analysis

    Adalah mengolah dan menganalisis data dari file log Web untuk memberikan informasi yang berguna dalam meningkatkan performa situs Web.

  • SISTEM PEMBAYARAN ELEKTRONIK
  • Digital certificate: lampiran ke pesan email atau data yang tertanam di halaman Web yang memverifikasi identitas pengirim atau situs Web
  • Certificate authority (CA): pihak ketiga yang terpercaya yang mengeluarkan sertifikat digital
  • Secure Sockets Layer (SSL): protokol komunikasi yang digunakan untuk mengamankan data yang sensitif
  • Electronic cash: sejumlah uang yang terkomputerisasi, disimpan, dan digunakan sebagai kas untuk transaksi ecommerce
  • Electronic wallet: nilai yang disimpan komputerisasi yang menyimpan informasi kartu kredit, uang tunai elektronik, identifikasi pemilik, dan informasi alamat

    Contoh-contoh Pembayaran Elektronik :

  1. Credit card
  2. Charge card
  3. Debit card
  4. Smart card
  • ANCAMAN TERHADAP E dan M-commerce

    àPencurian properti intelektual

    Intellectual property: musik, buku, penemuan, lukisan, gambar, dan item spesiallain yang dilindungi oleh paten, copyright, atau trademark

    –Paten dalam proses bisnis

  • PENIPUAN
    • Phishing: pesan palsu yang seakanakan dari lembaga yang sah untuk membongkar informasi pribadi dari pelanggan dengan meyakinkan mereka untuk pergike “spoof” situsWeb.
    • Penipuan pelelangan online.
    • Spam: email yang dikirim ke berbagai orang dan kelompok Usenet tanpa pandang bulu.
    • Pyramid schemes: arisan berantai atau tipuan piramida merupakan salah satu modus penipuan yang tertua di dunia dan masih dijalankan dalam aneka bentuk sampai saat ini. Contohnya : Bisnis MLM legal.
    • Investment fraud: suatu bentuk penipuan yang disengaja/direncanakan demi keuntungan dan kemakmuran pribadi untuk merusak kehidupan & kekayaan orang lain.
    • Stock scams: merupakan tipe penipuan dalam hal kerahasiaan pribadi yang mana korban di tipu demi keuntungan.
  • INVANSI TERHADAP PRIVASI KONSUMEN
    • Online profiling: merekam perilaku online pengguna Web untuk menghasilkan iklan bertarget
    • Clickstream data: pengumpulan data berdasarkan situs Web yang dikunjungi dan item yang diklik
    • Safe harbor principles: prinsipprinsip yang membahas isuisu data privasi ecommerce dalam pemberitahuan(notifikasi), pilihan dan akses
  • KELEBIHAN E-commerce
    • Menurunkan biaya operasional, menaikkan profit
    • Meningkatkan pangsa pasar
    • Melebarkan jangkauan pemasaran
    • Mengurangi penggunaan waktu, meningkatkan produktivitas
    • Meningkatkan layanan ke pelanggan (untuk beberapa kasus)
    • Fleksibilitas, pembeli dapat berbelanja tanpa terbatas kondisi ruang dan waktu
    • Aliran pendapatan yang menjanjikan
  • KEKURANGAN E-commerce
    • Membutuhkan keahlian komputer
    • Biaya untuk akses internet
    • Resiko kebocoran data personal
    • Berdasarkan pada kepercayaan (terkadang meragukan)
    • Kerugian finansial karena penipuan
    • Kehilangan kesempatan bisnis karena gangguan pelayanan
  • TIPS MEMPROTEKSI PRIVASI SAAT ONLINE


  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: