Beranda > PTIK > Komunikasi Data dan Jaringan Komputer

Komunikasi Data dan Jaringan Komputer

Pengertian Komunikasi Data

Komunikasi data adalah proses pengiriman dan penerimaan data/informasi dari dua atau lebih device (alat,seperti komputer/laptop/printer/dan alat komunikasi lain) yang terhubung dalam sebuah jaringan. Baik lokal maupun yang luas, seperti internet.

Tipe Data dalam Komunikasi Data

Data yang disimpan dan diolah dalam bentuk teks, gambar, suara, dan video merupakan tipe data dalam komunikasi data.

Telekomunikasi: Digital vs. Analog

Analog merupakan proses pengiriman sinyal dalam bentuk gelombang. Misalnya ketika seseorang berkomunikasi dengan menggunakan telepon, maka suara yang dikirimkan melalui jaringan telepon tersebut dilewatkan melalui gelombang.

Gambar disamping adalah salah satu contoh teknologi analog pada alat pemutar musik yaitu walkman. Fungsi dari walkman sendiri pada saat itu fasilitasnya hanya bisa digunakan untuk memutar radio dan kaset.

Teknologi Digital merupakan hasil teknologi yang dapat mengubah signal menjadi kombinasi urutan bilangan 0 dan 1 (juga dengan biner) untuk proses informasi yang mudah, cepat dan akurat. Signal tersebut disebut sebuah bit.

Gambar disamping adalah perubahan alat pemutar musik dari teknologi analog yang berubah ke teknologi digital. Dengan adanya perubahan ini, fasilitas dari alat pemutar musik ini lebih banyak seperti untuk mendengarkan musik, menonton video, menyimpan gambar, dll.

Aplikasi Komunikasi Data

Aplikasi sistem komunikasi data adalah media yang berfungsi untuk mentransmisikan data dari satu komputer ke komputer yang lainnya. Contohnya bermain multiplayer game (game online), mengirim email, mesin ATM, chatting, download, dan lain-lain.

Perangkat Jaringan Komputer

Perangkat jaringan komputer merupakan komponen-komponen yang di perlukan untuk membuat sebuah jaringan komputer. Komponen yang di maksud adalah media hardware.

1. PC (Personal Computer)

Tipe Pc ini digunakan dalam jaringan akan sangat menentukan kinerja jaringan tersebut. Pc yang untuk kerja tinggi akan mengirim dan mengakses data dalam jaringan dengat cepat. Di dalam jaringan Server-client PC yang digunakan untuk server (penyedia layanan data bagi client) haruslah lebih tinggi spesifikasinya daripada computer Client. Karena server bekerja untuk mengelola operasional jaringan dan penyedia fasilitas.

2. NIC (Network Interface Card)

Bedasarkan tipe bus ada beberapa tipe Network interface card atau Network Card itu seperti ISA (Industry standard Architecture) dan PCI (Protocol Control Information) Nah PCI inilah yang familiar dan paling banyak di gunakan sekarang.

3. Kabel

Ada tiga jenis Kabel yang dikenal secara umum yakni :

● Kabel Coaxial

Kabel coaxial ini juga mempunyai dua jenis yaitu :

– Thick coaxial cable (Besar)

Kabel ini berdiameter cukup besar 12 mm dengan selubung kabel berwarna kuning.

– Thin Coaxial cable (Kecil)

Kabel ini berdiameter lebih kecil daripada kabel coaxial yang satunya yaitu 5mm dan mempunyai selongsong berwarna hitam .

● Serat Optik

Yang menggunakan jenis ini biasanya perusahaan besar, hal ini disebabkan karena pemasangan lebih sulit dan memakan biaya yang besar pula daripada kabel jenis coaxial atau STP .

Namun kelebihan serat optic ini lebih cepat dalam pengiriman data dan dijamin kehandalan nya. Kecepatan akses data/pengiriman data menggunakan kabel jenis ini bisa mencapai 100Mbps dan sekaligus bebas pengaruh lingkungan.

● Twisted pair Ethernet

Kabel twisted pair ini juga sama seperti kabel coaxial memiliki dua jenis yaitu :

– Shielded Twisted Pair (STP)

Jenis kabel ini adalah kabel yang mempunyai selongsong pembungkus. Pada Twisted pair network ini computer di susun menjadi suatu pola star. Dan setiap PC memiliki satu kabel twisted pair yang terpusat pada hub. Twisted pair umumnya lebih handal dibandingkan dengan kabel thin coaxial, karena hub mempunyai kemampuan data error correction dan menigkatkan kecepatan transmisi. Saat ini ada beberapa Grade atau kategori kabel ini dengan mempunyai fitur yang berbeda-beda. Contohnya Tipe CAT 1 sampai Tipe CAT 7 mempunyai kelebihan masing masing.

– Unshielded Twisted Pair (UTP)

Jenis kabel ini tidak mempunyai selongsong pembungkus, dan koneksi kabel ini menggunakan konektor RJ-11 Dan RJ-45. Kabel ini adalah kabel yang paling handal dan memiliki kompabilitas yang tinggi. Kabel ini di sarankan untuk digunakan pada kecepatan 10 Mbps dan fast Ethernet (100Mbps). Konektor yang di gunakan untuk kabel ini adalah RJ-45.

Untuk digunakan di komputer kabel ini juga mempunyai 2 tipe penyambungan yaitu Straight cable dan crossover cable. Dengan fungsi yang berbeda untuk setiap jenisnya. Straight cable ini yang mana digunakan untuk menghubungkan antara Client ke Hub/router. Sedangkan untuk tipe yang crossover cable digunakan untuk menghubungkan antara client to client atau pada saat tertentu digunakan antara Hub to hub.

4. Hub dan Switch

Hub dan Switch (konsentrator) merupakan sebuah perangkat yang menyatukan kabel-kabel network dari tiap workstation, server atau client.

5. Repeater

Repeater berfungsi untuk memperkuat sinyal dengan menerima sinyal dari suatu segmen kabel LAN lalu memancarkan lagi dengan kekuatan yang sama dengan sinyal asli pada segmen kabel lain. Dengan adanya perangkat ini jarak kabel dapat ditambah.

6. Bridge

Fungsinya hampir sama dengan repeater akan tetapi bridge lebih fleksibel mempunyai kecerdasan dari repeater. Yang dimaksud adalah bridge dapat menghubungkan jaringan dengan menggunakan metode transmisi yang berbeda misalnya bridge menghubungkan base band dan broad band. Bridge juga dapat digunakan untuk mengkoneksikan network dengan menggunakan tipe kabel yang berbeda atau topologi yang berbeda. Perangkat jaringan ini juga bisa mengetahui alamat masing-masing komputer.

7. Router

Sebuah router mampu mengirim data atau informasi dari satu jaringan ke jaringan yang lain. Memiliki fungsi yang sama dengan bridge meski tidak lebih pintar dengan bridge tetapi pengembangan perangkat ini sudah melampaui batas tuntunan teknologi yang di harapkan.

Kemampuan yang di miliki Router antara lain:

  1. Router dapat menerjemahkan informasi diantara LAN anda dan Internet.
  2. Router akan mencarikan alternative jalur yang terbaik untuk mengirim data melewati internet.
  3. Mengatur jalur sinyal yang efisien dan dapat mengatur data yang mengalir diantara dua buah protocol.
  4. Dapat mengatur data diantara topologi jaringan
  5. mengatur aliran data melewati kabel fiber optic, kabel coaxial atau kabel twisted pair.

Jaringan Komputer

Klasifikasi jaringan komputer terbagi menjadi :

  1. Berdasarkan geografisnya, jaringan komputer terbagi menjadi Jaringan wilayah lokal atau Local Area Network (LAN), Jaringan wilayah metropolitan atau Metropolitan Area Network (MAN), dan Jaringan wilayah luas atau Wide Area Network (WAN). Jaringan wilayah lokal merupakan jaringan milik pribadi di dalam sebuah gedung atau tempat yang berukuran sampai beberapa 1 – 10 kilometer. LAN seringkali digunakan untuk menghubungkan komputer-komputer pribadi dan stasiun kerja (workstation) dalam kantor suatu perusahaan atau pabrik-pabrik untuk memakai bersama sumberdaya (misalnya pencetak (printer) dan saling bertukar informasi. Sedangkan Jaringan wilayah metropolitan merupakan perluasan jaringan LAN sehingga mencakup satu kota yang cukup luas, terdiri atas puluhan gedung yang berjarak 10 – 50 kilometer. Kabel transmisi yang digunakan adalah kabel serat optik (Fiber Optic). Jaringan wilayah luas Merupakan jaringan antarkota, antar propinsi, antar negara, bahkan antar benua. Jaraknya bisa mencakup seluruh dunia, misalnya jaringan yang menghubungkan semua bank di Indonesia, atau jaringan yang menghubungkan semua kantor Perwakilan Indonesia di seluruh dunia. Media transmisi utama adalah komunikasi lewat satelit, tetapi banyak yang mengandalkan koneksi serat optik antar negara.
  2. Berdasarkan fungsi, terbagi menjadi Jaringan Klien-server (Client-server) dan Jaringan Ujung ke ujung (Peer-to-peer). Jaringan klien-server pada ddasaranya ada satu komputer yang disiapkan menjadi peladen (server) dari komputer lainnya yang sebagai klien (client). Semua permintaan layanan sumberdaya dari komputer klien harus dilewatkan ke komputer peladen, komputer peladen ini yang akan mengatur pelayanannya. Apabila komunikasi permintaan layanan sangat sibuk bahkan bisa disiapkan lebih dari satu komputer menjadi peladen, sehingga ada pembagian tugas, misalnya file-server, print-server, database server dan sebagainya. Tentu saja konfigurasi komputer peladen biasanya lebih dari konfigurasi komputer klien baik dari segi kapasitas memori, kapasitas cakram keras {harddisk), maupun kecepatan prosessornya. Sedangkan jaringan ujung ke ujung itu ditunjukkan dengan komputer-komputer saling mendukung, sehingga setiap komputer dapat meminta pemakaian bersama sumberdaya dari komputer lainnya, demikian pula harus siap melayani permintaan dari komputer lainnya. Model jaringan ini biasanya hanya bisa diterapkan pada jumlah komputer yang tidak terlalu banyak, maksimum 25, karena komunikasi akan menjadi rumit dan macet bilamana komputer terlalu banyak.
  3. Berdasarkan topologi jaringan, jaringan komputer dapat dibedakan atas:
  • Topologi bus
  • Topologi bintang
  • Topologi cincin
  • Topologi mesh
  • Topologi pohon
  • Topologi linier
  1. Berdasarkan distribusi sumber informasi/data
  • Jaringan terpusat

    Jaringan ini terdiri dari komputer klien dan peladen yang mana komputer klien yang berfungsi sebagai perantara untuk mengakses sumber informasi/data yang berasal dari satu komputer peladen.

  • Jaringan terdistribusi

    Merupakan perpaduan beberapa jaringan terpusat sehingga terdapat beberapa komputer peladen yang saling berhubungan dengan klien membentuk sistem jaringan tertentu.

  1. Berdasarkan media transmisi data
  • Jaringan berkabel (Wired Network)

    Pada jaringan ini, untuk menghubungkan satu komputer dengan komputer lain diperlukan penghubung berupa kabel jaringan. Kabel jaringan berfungsi dalam mengirim informasi dalam bentuk sinyal listrik antar komputer jaringan.

  • Jaringan nirkabel(Wi-Fi)

    Merupakan jaringan dengan medium berupa gelombang elektromagnetik. Pada jaringan ini tidak diperlukan kabel untuk menghubungkan antar komputer karena menggunakan gelombang elektromagnetik yang akan mengirimkan sinyal informasi antar komputer jaringan.

  1. 12 Mei 2015 pukul 11:04

    Also, inside are a 2GB DD3 RAM, 802 11n Wi-Fi, 500GB hzrd drive,
    Bluetooth 4. AMD can be broadly categorised into
    two types and they are drry or atrophic degeneration of the
    macula aand wet or exudative degeneration of the macula.

    Better Multi-Tasking Means Increased Office Productivity.
    Discontinued Models Manufacturers typically have different portable computer computers that failed to sell.
    6-inch ultra-extreme, thicknesss control in the range of values within 24.

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: