Beranda > PTIK > Data dan Informasi

Data dan Informasi

image001

Pengertian Data

Data berasal dari kata datum yang berarti fakta atau bahan‐bahan keterangan. Data merupakan bahan mentah dari informasi yang disusun untuk diolah dalam bentuk data, file, dan basis data.

Pengertian Informasi

Menurut Gordon B. Davis informasi adalah data yang telah diolah menjadi bentuk yang berguna bagi penerimanya berupa nilai yang dapat dipahami sebagai bahan pengambilan putusan.

image003

 

Representasi Data pada Komputer

Data pada komputer digital disimpan pada memori atau register. Semua data digital dikodekan dalam bentuk kode biner karena memori/register dibuat dari flipflop, dan flip‐flop merupakan suatu piranti yang hanya menyimpan/tidak menyimpan arus listrik (disimbolkan 0 dan 1).

Sistem Bilangan

Sistem bilangan dengan basis atau radix r adalah suatu sistem bilangan yang menggunakan simbol r digit. Untuk menentukan bilangan representasi ‐> dilakukan dengan penjumlahan hasilkali tiaptiap digit dengan rn. Sistem bilangan terdiri dari desimal, biner, oktal, dan heksadesimal.

Sistem Bilangan Desimal

Sistem bilangan desimal yang digunakan sehari‐hari ‐‐> menggunakan radix 10. Bilangan radix 10 menggunakan simbol 0, 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9.

Contoh: 1805,13 1×103 + 8×102 + 5×100 + 1×10-1 + 3×10-2

artinya: 1 ribuan, 8 ratusan, 5 satuan, 1 sepersepuluhan, dan 3 seperseratusan.

Sistem Bilangan Biner

Sistem bilangan biner menggunakan radix 2 yaitu simbol 0 dan 1.

Sistem Bilangan Oktal

Sistem bilangan oktal menggunakan radix 8. Sistem bilangan oktal menggunakan simbol: 0,1, 2, 3, 4, 5, 6, 7.

Sistem Bilangan Heksadesimal

Sistem bilangan heksadesimal menggunakan radix 16. Sistem bilangan heksadesimal menggunakan simbol 0, 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, A, B, C, D, E, F.

Konversi Bilangan

Satu digit oktal berkorespondensi dengan 3 bit biner, dan 1 digit heksadesimal berkorespondensi dengan 4 bit biner.

Satuan Kapasitas Data

1 B (Byte) = 8 bit

1 KB (Kilo Byte) = 1024 Byte

1 MB (Mega Byte) = 1024 KB

1 GB (Giga Byte) = 1024 MB

1 TB (Tera Byte) = 1024 GB

Representasi Data Numerik

Data Numerik disimpan dalam memory sesuai tipe datanya. Tipe data numerik antara lain: integer, unsigned integer, long integer, single, float, double, dll.

Representasi Alfanumerik

Karakter alfanumerik adalah set elemen yang termasuk 10 digit desimal, 26 huruf alfabet, dan karakter khusus seperti $, +, dan =. Satu set terdiri dari 32 dan 64 elemen atau 64 dan 128 elemen ‐‐> diperlukan pengkodean 6 atau 7 bit.

Standard lama yang digunakan untuk konversi alphanumerik adalah kode ASCII (American Standard Code for Information Interchange), yang menggunakan 8 bit untuk mengkodekan 256 karakter.

Standard baru yang digunakan untuk konversi alphanumerik adalah kode Unicode yang menggunakan 16 bit yang berarti mampu mengkodekan 65.536 (216). Unicode memungkinkan pengguna huruf kanji, arab, thai, dll mampu mengetikkan/memproses karakter teks mereka pada komputer.

Representasi Citra Digital

Semua gambar yang bisa disimpan/diolah disebut dengan citra digital (atau sering disebut citra saja). Citra tersusun dari elemen‐elemen terkecil yang disebut Pixel (picture element). Banyaknya pixel pada sebuah citra disebut dengan Resolusi. Resolusi dinyatakan dalam 2 cara, yaitu dimensi panjang x lebar, misal: 800×600, 1024×768, dan banyaknya pixel, misal: 2 Mega Pixel, 5 Mega Pixel.

Format biasanya bmp. Untuk format lainnya ukurannya lebih kecil karena merupakan kompresi.

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: